Senin, 30 Januari 2012

Apa yang membuat wanita mudah tersinggung?


Konon katanya, cewe adalah makhluk yang lemah, mudah tersinggung, moodyan, serta gampang menangis. Namun dengan muncul cewe cewe cerdas, dan menjadi pemimpin, bisa menahan amarah, kuat dan berpikir rasional, sepertinya apa yang udah menjadi cirinya, terpatahkan sudah. Namun kenapa takdir sempat mejadi ciri khas cewe?

Kondisi yang bisa disebut negatif itu ternyata dipengaruhi oleh otak cewe itu sendiri. Dimana mudah mengalami depresi, stres dan berubah ubah suasana hatinya. Dibanding cowo sih, kemungkinan cewe jelas lebih gede. Karena emang ada studinya, Dimana penelitian menemukan sekitar 1 dari 4 cewe dilaporkan mengalami depresi. Tapi di kalangan cowo, hanya 1 dari 10 orang. Hal ini ada kemungkinan berhubungan dengan otak cewe yang menghasilkan hormon serotin(hormon bahagia) lebih sedikit dibandingkan dengan cowo. Nah kalo cowo, mampu memproduksi serotin sebanyak 52 persen dalam otaknya. Tentunya lebih banyak dibandingkan dengan cewe.

Kemungkinan kondisi ini ada hubungannya dengan perbedaan hormon sex. Hormon esterogen dan progesterone pada cewe, sepertinya sudah akrab di dengar. Sehingga dapat mempengaruhi perilakunya. Dan tingkat fluktuatif hormon wanita juga besar, Bukan suatu hal yang besar lagi yang membuat sifat wanita berubah ubah.

Dr. Andi Novac, seorang profesor klinis psikiatri dari University of California Irvine School mengatakan, bahwa esterogen bisa merangsang reseptor serotonin di otak. Saat kadar hormonnya, berfluktuatif, tingkat sensitivitas serotinnya juga mengalami perubahan. Akhibatnya, jumlah hormone yang dibutuhkan jadi berkurang. Dan kemudian apa yang membuat wanita menjadi moody?. Terlebih lagi ketik mendekati masa masa menstruasi?. Kondisi andrenalin untuk mengatur suasana hati dan seksualitasnya.

Terkurasnya serotonin di otak disebabkan oleh stress, pola makan yang buruk, kurang olah raga dan kurang kena sinar matahari. Bagaimana memperbaikinya? Konsumsi protein tinggi, seperti keju, atau kalkun tanpat mengurangi asupan kalorinya. Cara lainnya, bisa mengonsumsi karbohidrat yang  bisa merangsang pelepasan insulin. Beberapa ahli sih merekomendasikan kentang panggang polos untuk dikonsumsi sebelum tidur.


0 komentar:

Posting Komentar

Share